Pembukaan

 =====//=====//=====//=====//=====//=====//=====

"Pembukaan"



"Adam di turunkan ke bumi bukan karena dosa yang di perbuatnya, melainkan karena Allah SWT menginginkan seorang Khalifah di bumi untuk mengatur dan mensejahterahkan alam"


=====//=====//=====//=====//=====//=====//=====//

📿KISAH 25 NABI DAN RASUL📿

📿PEMBUKAAN:


Sebagai umat muslim, wajib hukumnya untuk meyakini bahwa Nabi dan Rasul adalah benar adanya meskipun belum pernah melihat sosoknya sekalipun. Namun, sebagian orang masih salah memahami perbedaan Nabi dan Rasul.


Tidak sedikit orang yang menganggap Nabi dan Rasul adalah sama. Padahal, semua nabi tidak berarti rasul, namun rasul sudah pasti Nabi.


Nabi dan Rasul adalah suri tauladan umat Islam yang semua perilakunya patut dicontoh oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih paham terkait perbedaan Nabi dan Rasul, berikut adalah penjelasan mengenai Nabi dan Rasul yang perlu diketahui agar tidak salah dalam mengimaninya.


⚫ PENGERTIAN NABI DAN RASUL.


1. PENGERTIAN NABI.

Secara etimologi, kata “nabi” berasal dari kata naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”. Sementara itu, pengertian Nabi secara umum adalah seorang manusia Hamba Allah SWT yang diberikan kepercayaan berupa wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri.


Dengan kata lain, wahyu yang diturunkan kepada Nabi kemudian tidak disampaikan kepada umatnya. Wahyu yang didapatnya tersebut kemudian hanya diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada kewajiban menyampaikan kepada umat atau kaumnya.


2. PENGERTIAN RASUL.

Sementara itu, kata “rasul” berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Rasul adalah seseorang yang diberikan wahyu dan kepercayaan oleh Allah SWT yang kemudian diamalkan dan berkewajiban menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.


Mengenai jumlah Nabi dan Rasul, ada yang berpendapat bahwa jumlah Nabi adalah 124.000, sedangkan jumlah Rasul ada 312. Namun, dalam Al-Quran hanya terdapat beberapa nama Nabi dan Rasul yang disebutkan seperti dalam surat Al-Ghafir 78 ayat berikut:




وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ ۗ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ فَإِذَا جَاءَ أَمْرُ اللَّهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُونَ


artinya :


78. Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak ada seorang rasul membawa suatu mukjizat kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.


(QS. AL GHAFIR : 78).




Terdapat 25 Nabi dan Rasul dalam Al-Qur’an dan Hadits yang wajib diimani oleh setiap Muslim, yaitu:


  1. Nabi Adam A.S

  2. Nabi Idris A.S

  3. Nabi Nuh A.S

  4. Nabi Huud A.S

  5. Nabi Shaleh A.S

  6. Nabi Ibrahim A.S

  7. Nabi Ismail A.S

  8. Nabi Luth A.S

  9. Nabi Ishaq A.S

  10. Nabi Yaqub A.S

  11. Nabi Yusuf A.S

  12. Nabi Ayyub A.S

  13. Nabi Syuaib A.S

  14. Nabi Musa A.S

  15. Nabi Harun A.S

  16. Nabi Dzulkifli A.S

  17. Nabi Daud A.S

  18. Nabi Sulaiman A.S

  19. Nabi Ilyas A.S

  20. Nabi Ilyasa A.S

  21. Nabi Yunus A.S

  22. Nabi Zakaria A.S

  23. Nabi Yahya A.S

  24. Nabi Isa A.S

  25. Nabi Muhammad ﷺ




Wallahu Alam bishowab..,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bekam Sunnah (Home Care)

ABRA BEE (Madu Murni 100%)

LZ De'amour Skincare